Download Desain, ngobrol Konspirasi,informasi, Opini dan tips blogger

Tesla Muda, Akademisi Labil namun Ultra Jenius

Nikola Tesla di laboraturiumnya.
[misteradli] - Tesla kuliah di Austrian Polytechnic yang terletak di Graz pada tahun 1875 dengan mengambil jurusan teknik elektro. Selama kuliah, ia mempelajari penggunaan-penggunaan arus bolak-balik. Beberapa sumber mengatakan bahwa ia memperoleh gelar sarjana dari Universitas di Graz. Akan tetapi, pihak universitas mengklaim bahwa ia tidak menerima gelar apapun karena pada tahun ketiga semester pertama, Tesla berhenti mengikuti perkuliahan. 

Pada bulan Desember 1878 ia meninggalkan Graz dan hilang kontak dengan orang-orang yang dekat dengannya. Teman-temanya berpikir bahwa ia telah tenggelam di Muara. Ternyata saat itu Tesla pergi ke Maribor (sekarang Slovenia), dimana ia pertama dipekerjakan sebagai asisten seorang insinyur selama satu tahun. Ia menderita gangguan saraf pada waktu itu. Tesla kemudian dibujuk oleh ayahnya untuk kuliah di Charles-Ferdinand University yang terletak Prague, dia memenuhinya pada musim panas sekitar tahun 1880. Di sini, ia dipengaruhi oleh Ernst Mach. Setelah ayahnya meninggal dunia, ia pun meninggalkan universitas dan hanya satu tahun kuliah di universitas tersebut.

Tesla banyak bergelut dengan membaca dan menghafal isi buku-buku dengan lengkap, menurut dugaan, dia punya kemampuan Memory Fotografis. Seperti yang tertulis dalam autobiografinya yang menyatakan bahwa ia merekam dengan rinci segala momen-momen inspirasi yang pernah ia alami. Di awal kehidupanya, Tesla sering jatuh sakit. Ia menderita penyakit aneh yaitu gangguan penglihatan yang sering kali disertai dengan halusinasi. Seringkali ia menghubungkan kata dengan ide-ide yang datang secara kebetulan, hanya dengan mendengar nama suatu benda, ia dengan spontan akan merepresentasikan wujud detil benda itu dengan sangat realistis. 

Pada zaman modern, synesthetes juga melaporkan gejala-gejala yang serupa. Tesla akan memvisualisasikan suatu penemuan di dalam otaknya dengan ketepatan yang ekstrim, termasuk mengenai dimensi-dimensi, sebelum membuat konstruksi tangga, teknik pembuatan kadang-kadang diketahui dengan pemikiran gambar (picture thinking). Tipikalnya, ia tidak menggambar dengan tangan, sebagai gantinya hanya memahami semua gagasan dalam pikirannya. Tesla juga sering kali terbayang-bayang peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi dalam hidupnya dan ini mulai terjadi selama masa kanak-kanak.

Pada tahun 1880, ia pindah ke Budapest untuk bekerja di bawah Tivadar Puskás dalam perusahaan telegraf yang bernama National Telephone Company. Di sana, ia bertemu dengan Nebojša Petrović, seorang peneliti muda kebangsaan Serbia yang tinggal di Austria. Meski pertemuan mereka singkat, mereka telah mengerjakan proyek bersama menggunakan turbin kembar (twin turbines) untuk membuat pembangkit listrik yang kontinyu. Pada pembukaan pusat telepon di Budapest tahun 1881, Tesla menjadi kepala teknisi listrik di perusahaan tersebut, dan kemudian menjadi insinyur sistem telepon pertama di negeri itu. Ia juga mengembangkan sebuah alat yang menurut sebagian orang adalah pengeras telepon atau amplifier, tetapi menurut pendapat yang lain, itu adalah pengeras suara (loudspeaker) yang pertama.

Pada tahun 1882 Tesla pindah ke Paris, Prancis, bekerja sebagai seorang engineer untuk Continental Edison Company (cabang perusahaan milik Edison), melakukan perbaikan-perbaikan perancangan peralatan listrik dibawah gagasan-gagasan Edison yang dibawa dari luar negeri. Dalam tahun yang sama pula, diperusahaan tersebut Tesla memahami motor induksi dan mulai mengembangkan berbagai peranti-peranti yang menggunakan prinsip medan magnet putar dimana ia menerima hak paten pada tahun 1888.

Namun, bayangan masa lalu dan munculnya memori-memori lama mengacaukan fokus Tesla dalam bekerja, salah satunya adalah memori terkait ibunya. Sesuatu yang akhirnya membawa di berhijrah ke Amerika, dan penemuan-penemuan Tesla yang penuh kontroversi dimulai.. salah satunya Kumparan Tesla

bersambung....


sumber :
berbagai sumber
0 Komentar untuk "Tesla Muda, Akademisi Labil namun Ultra Jenius"

Silakan berkomentar, baik buruk, pro ataupun kontra, masukan, kritik, bantahan, asal jangan menghujat dan berbau SARA.. Mister terima gan...:) tulus langsung cekidot...go to tab..tanpa verivikasi..bebas.

Back To Top