Download Desain, ngobrol Konspirasi,informasi, Opini dan tips blogger

Ukuran Standar Tabloid

misteradli | Kembali lagi kita posting-posting.. sesuai dengan bidang yang saya tekuni saat ini (desain), maka saya akan berbagi mengenai berapa ukuran standard untuk layout tabloid. Sebelumnya kita mesti tahu dulu pengertian dari tabloid. Serupa dengan Koran dan Majalah, Tabloid juga mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai sara informasi publik dalam bentuk bacaan. Untuk majalah tentu saja berformat buku (finishing staples atau lem panas) sehingga lebih awet dan dapat di simpan untuk waktu yang lama (kaya makanan aja..hehe).

Sedangkan perbedaan Koran dengan Tabloid diluar materi pemberitaan adalah di ukuran fisik, jenis kertas dan periode terbit (non reguler). Tabloid biasanya berukuran lebih kecil dari koran pada umumnya, untruk ukuran standarnya yaitu 597 x 375 mm, namun ada juga yang menggunakan ukuran lain agar pas dengan pesin cetak yang di pakai. Sebagai contoh adalah Tabloid Reportase News yang menggunakan ukuran 580 x 425 mm karena mesin yng dipakai untuk cetak kalo gak salah Oliver 58 yang mempunyai maksimum ukuran cetak 580 x 425 milimeter.

Kertas yang biasa dipakai untuk tabloid bermacam-macam, standard yang dipakai adalah HVS 80 gsm. Karena tidak terlalu tebal dan berwarna putih (beda dengan koran). Ada juga yang menggunakan Art Paper 90 gsm. 

Berikut detailnya (biasa saya pakai sebagai standard) :

1. Ukuran Kertas : 580 x 425 gsm
2. Jenis Kertas : HVS 80 gsm dan Art Paper 90 gsm
3. Warna : CMYK dan Grayscale 
4. Jumlah halaman (minimal 12 halaman)
5. Biaya (loby sendiri aja..hehehe...)

Bagaimana mengenai ukuran layout dan stadard layoutnya ? masing-masing tabloid mempunyai standard yang berbeda, tergantung segmen apa yang dibidik oleh tabloid tersebut. Namun untuk menghindari kesalahan cetak (miss) di sarankan untuk area layout di beri jarak minimal 1,5cm dari tepi luar (sisi kiri/kanan) dan 2cm untuk atas/bawah.

Demikian saja dulu, untuk bagaimana detail layout (tutorial) akan saya bahas di posting berikutnya.. salam..misteradli.


0 Komentar untuk "Ukuran Standar Tabloid"

Silakan berkomentar, baik buruk, pro ataupun kontra, masukan, kritik, bantahan, asal jangan menghujat dan berbau SARA.. Mister terima gan...:) tulus langsung cekidot...go to tab..tanpa verivikasi..bebas.

Back To Top